Senin, 25 November 2013

Character Alignment

          Bagi para Role Player di internet atau gamer yang sering memainkan permainan seperti serial Shin Megami Tensei, dimana morality dari pemain biasanya sangat mempengaruhi jalannya permainan, pasti tidak asing lagi dengan "Character Alignment" system. Jadi-

(Celliana: Nggak semua orang pernah main SMT, y'know...)

Iya, iya, karena itu aku akan jelaskan apa yang dimaksud dengan "Character Alignment" itu...
Well... Beserta contohnya dalam kehidupan nyata... XD

 
Apa itu Character Alignment?
Character Alignment adalah label yang diberikan pada karakter pada suatu karya, biasanya pada video game atau sejenisnya, yang menunjukkan moralitas dari karakter tersebut; apakah dia jahat? Apakah dia tunduk pada peraturan? dsb.

Beberapa contoh yang terkenal dari penggunaan Alignment ini adalah dalam serial Table Role Playing Game "Dungeons and Dragons", sementara dari video game misalnya dari serial game RPG (Role Playing Game) Shin Megami Tensei.

Pada umumnya, Alignment system ini diturunkan dari 2 axis (sumbu), yaitu "Ethical" axis dan "Morale" axis.

Ethical axis menunjukkan sudut pandang karakter tersebut terhadap hukum dan peraturan. Axis ini terbagi atas Law (Hidup terorganisir menurut peraturan), Chaos (Hidup  tanpa tunduk pada peraturan), dan Neutral (Antara keduanya, biasanya merupakan penyeimbang atau tidak peduli samasekali dengan masalah "Order versus Chaos" diatas).

Sementara itu, Morale axis menunjukkan pandangan moral dari karakter tersebut, apakah dia jahat, baik, atau biasa saja? Axis ini terbagi atas Good (Orang baik), Evil (Orang jahat), dan Neutral (Sama seperti Neutral pada Ethical axis, berada antara keduanya, atau no comment).

Dengan mengombinasikan kedua axis diatas, diperoleh 9 Alignment yang biasanya dipakai dalam RPG atau permainan lainnya:

Lawful Good
Karakter Lawful Good percaya bahwa hukum dan peraturan adalah alat pengatur hidup yang terbaik, dan orang bisa mendapatkan life value yang maksimal jika ia selalu hidup menurut hukum yang berlaku. Ia melakukan hal-hal yang baik menurut hukum, dan biasanya menjadi penegak keadilan.
Dalam kehidupan sehari-hari, karakter Lawful Good dapat kita jumpai misalnya pada (sebagian) guru dan (sebagian) aparat penegak hukum. Kenapa (sebagian)? Karena kenyataan menyatakan bahwa pasti ada diantara mereka yang menyeleweng...

Lawful Neutral
Karakter Lawful Neutral percaya bahwa mengikuti peraturan lebih penting atau lebih besar pengaruhnya daripada memikirkan apakah seseorang itu baik atau jahat. Mereka mungkin saja menegakkan keadilan demi hukum, tetapi mereka juga bisa berbuat hal yang kurang baik kepada seseorang atas dasar hukum dan peraturan.
Dalam kehidupan sehari-hari, banyak warga masyarakat yang bisa digolongkan pada Lawful Neutral, sebab mudah sekali menemukan orang yang melakukan hal yang level kebaikan/kejahatannya dipertanyakan, dan hanya dapat menjawab "Demi peraturan" secara singkat.

Lawful Evil
Bagi orang yang tidak terbiasa dengan Alingment system atau masih belum tahu bahwa "Taat pada hukum" dan "Orang baik" tidaklah sama, Alignment ini mungkin akan terdengar agak aneh atau janggal. Lawful Evil adalah orang-orang jahat yang terorganisir atau taat pada peraturan. Mungkin mereka adalah kelompok penjahat yang menggunakan Kode Etik? Atau mungkin saja mereka orang yang taat pada hukum, dan ingin menegakkan hukum tersebut dengan segala cara, termasuk pemaksaan atau kekejian. Karakter Lawful Evil hampir sama tingkatannya dengan Lawful Neutral, tetapi moral kebaikannya lebih parah, dan lebih terarah pada kejahatan.
Kelompok "penegak peraturan" yang terlalu agresif dan para penjahat yang terorganisir seperti Mafia dan organisasi-organisasi penyelundup narkoba termasuk Lawful Evil.

Neutral Good
Karakter Neutral Good percaya bahwa berbuat baik dalam hidup adalah lebih penting darpada melihat apakah itu menurut hukum atau tidak. Mereka berpikir bahwa menaati hukum adalah hal yang tidak buruk, tetapi berbuat baik lebih penting, meskipun itu berarti melanggar peraturan. Dengan demikian, karakter Neutral Good terkadang juga berpikir bahwa hukum dan peraturan dapat menghambat perbuatan baik seseorang, sehingga mereka terkadang dapat melanggarnya. Mereka biasanya berpikir menurut ideal kebaikan mereka ketimbang menaati hukum, bahkan mereka bisa saja menantang hukum jika ada hukum yang menghambat perbuatan-perbuatan baik.
Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang terdapat kejadian dimana ada orang-orang yang memberikan amal, sumbangan, atau donasi karena kehendak hati mereka, atau orang yang terpaksa melanggar peraturan karena merasa peraturan itu mengancam kebaikan khalayak ramai - mereka adalah tipe Neutral Good.

True Neutral
True Neutral, (terkadang disebut juga Neutral Neutral), adalah tipe Alignment dimana karakter yang termasuk didalamnya tidak begitu peduli dengan Order Versus Chaos maupun kontraksi kebaikan/kejahatan. Mereka hampir pasti tidak berpihak pada siapapun, bisa saja karena mereka tidak peduli atau mencoba menyeimbangkan keadaan dengan bersifat netral. Meskipun biasanya tidak peduli dengan duel Order Versus Chaos, netralisme karakter ini biasanya menjadi penyebab mereka menjadi target gerakan Lawful dan Chaotic jika mereka cukup agresif.
Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat apatis atau yang menjalankan golput saat pemilihan bisa dijadikan contoh True Neutral.

Neutral Evil
Tidak begitu peduli dengan axis Ethical, tetapi dalam hatinya mereka itu jahat. Mereka biasanya hanya memikirkan diri mereka sendiri - mereka bisa saja berpihak pada hukum untuk beberapa saat, kemudian berpihak pada pemberontak pada saat lainnya, dengan alasan bahwa itu menguntungkan mereka. Karena pihak yang mereka duduki tidak menentu, mereka bisa lebih berbahaya dari Chaotic Evil. Alasan lain mereka berbuat jahat dan bergonta-ganti pihak bisa saja karena mereka ingin menjadi yang terbaik dengan cara mereka sendiri, atau mungkin mereka memiliki alasan lain untuk mencari keuntungan.
Dalam kehidupan sehari-hari, preman-preman sewaan yang kurang dapat dipercaya, beserta penipu ulung biasanya menjadi contoh Alignment ini.

Chaotic Good
Karakter Chaotic Good biasanya adalah para pemberontak yang melawan hukum demi perbuatan baik, atau mungkin adalah orang-orang baik yang benar-benar tidak suka peraturan. Hampir dapat dikatakan bahwa mereka adalah versi ekstrim dari Neutral Good. Mereka berpikir bahwa peraturan dan hukum yang berlaku saat ini hanya akan menghambat perbuatan baik, karena itulah mereka mencoba menjatuhkannya. Mereka mungkin saja berpikir bahwa peraturan yang terlalu banyak atau terlalu ketat tidak baik bagi khalayak ramai.
Dalam kehidupan sehari-hari, para pemberontak anti tirani atau La Resstance adalah contoh Chaotic Good yang baik.

Chaotic Neutral
Karakter Chaotic Neutral adalah mereka yang menjadi simbol kebebasan terbesar, sebab mereka tidak terikat pada hukum, pun mereka tidak dapat diukur dengan kontras baik/jahat. Mereka melakukan berbagai macam hal karena mereka merasa suka melakukannya, dan mereka tidak akan membiarkan hukum, kebaikan, dan bahkan kejahatan merusak kebebasan mereka. Mereka biasanya tidak dipandang sebagai orang jahat; hanya bebas.
Dalam kehidupan sehari-hari, karakter Chaotic Neutral bisa dijumpai pada tipe masyarakat yang berbuat baik dan jahat sesukanya, atau orang yang memiliki rasa kebebasan hyper.

Chaotic Evil
Karakter yang murni jahat. Jika Chaotic Neutral melakukan hal sesukanya karena mereka berpola pikir liberal, Chaotic Evil melakukannya karena mereka suka kejahatan. Mereka biasanya dapat merampok bank hanya demi hiburan, menikam orang di samping mereka karena mereka sedang bosan, atau merusak rumah di sebelah rumah mereka karena mereka senang melihat orang lain menderita. Meskipun begitu, mereka selalu diketahui berada di bayangan kejahatan.
Dalam kehidupan sehari-hari, psikopat pembunuh, atau orang orang yang kurang/tidak waras biasanya menjadi contoh dari Alignment Chaotic Evil



Demikianlah 9 Alignment dari karakter-karakter (yang biasanya dipakai dalam RPG), beserta penjelasan singkat dan contohnya dalam kehidupan nyata.

Perlu diingat, bahwa jika Alignment system dijumpai dalam apapun yang dimainkan, kreator permainan tidak akan selalu menggunakan Alignment ini, atau mungkin akan mendapatkan alignment baru!


Yosh~
Demikianlah artikel kali ini, until next time!

-Neoxys

3 komentar: